Rabu, 25 November 2009

HARI GURU NASIONAL

25 November adalah Hari Guru Nasional. Banyak siswa memperingatinya dengan cara melakukan acara upacara bendera di halaman sekolah. Bagaimana dengan kita? Sempatkah kita mengingat mereka atau bahkan menyebut mereka dalam sepotong doa? Semoga kita tidak dengan mudah melupakan guru-guru yang pernah hadir dalam kehidupan kita yang turut andil memberi lekukan pahatan penuh kasih sayang dalam perjalanan hidup ini, Guru adalah asal kata dari yang pantas digugu (dijadikan teladan).

Pahlawan tanpa tanda jasa adalah sebutan yang memang layak diberikan kepada mereka yang mendedikasikan diri untuk mendidik dan mengajar generasi penerus demi kemajuan bangsa tanpa ada rasa niat untuk selalu dikenang dan disanjung. Banyak guru yang mengabdikan diri di pelosok, seperti salah seorang guru yang ada dalam cerita novel berjudul laskar pelangi. Saya sangat terharu melihat dedikasi dan usaha para guru untuk terus menambah ilmu demi sebuah tuntutan profesi.

Paza zaman modern, dibutuhkan pengajaran yang professional. Guru-guru yang professional di bidangnya amat dibutuhkan di jaman modern ini supaya anak didik yang dihasilkannya mampu menjawab tantangan jaman. Apakah tuntutan profesionalisme itu sudah sejalan dengan perhatian terhadap kesejahterannya?. Program sertifikasi guru adalah suatu usaha untuk meningkatkan kompetensi guru-guru kita, hanya masalahnya apakah setiap guru mempunyai akses yang sama besar untuk mengikuti program ini.

Selamat hari guru, terima kasih untuk guru-guru di seluruh Indonesia juga untuk guru-guru formal dan non formal yang pernah berjasa menorehkan ilmu dalam diri ini. Semoga amal ibadah dan perbuatan baik guru kita senantiasa dapat diterima oleh Tuhan YME.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar